History of Mitsubishi Galant ST in Indonesia

00b1aed7-206f-4d56-9e13-d9e3bd04b7be
Japan Car of the Year Badge

Yup, Mitsubishi Galant ST. Mobil yang menyita perhatian saya dari jaman SMA di tahun 2001. Bermula dari berpapasan dan melihat pertama kali ketika berangkat sekolah, akhirnya menimbulkan kecintaan saya terhadap species mobil yang harus dilestarikan di indonesia karena penampakan mobil ini di jalanan kian jarang (yang mulus.. Lol). Setelah membeli Galant pertama saya di tahun 2013 (sekaligus mobil pertama) saya pun tertarik untuk menggali lebih lanjut lagi tentang kiprah mobil ini di indonesia. Berikut adalah rangkuman dari berbagai sumber beserta spesifikasi Mitsubishi Galant ST di indonesia.

Prefacelift (Zenki) 1998-2003

Melanjutkan kiprah dari Galant sebelumnya yang dikenal dengan sebutan Galant Paus/Lele (tergantung dari jenis ikan favorit kamu), Mitsubishi New Galant ST (EA5A) atau akrab disapa Galant Hiu hadir di Indonesia pertama kali pada tahun 1998.

Engine_zps0641ad80
Engine : 6A13 2500 cc V6 SOHC 24 Valve

Berbekal kubikasi yang meningkat dari 2000 cc (6a12 DOHC 24 valve) pada Galant sebelumnya menjadi 2500 cc dengan mesin baru 6a13 SOHC 24 valve dengan layout mesin tetap V6 dan output power 167 hp. Pada generasi ini Mitsubishi hanya menawarkan varian bertransmisi manual 5 percepatan dan otomatis INVECS II 4 percepatan dengan mesin dan trim yang sama. Mesin 4 silinder 2000 cc yang ada pada generasi sebelumnya di Galant VR sudah dihilangkan dan tidak lagi dihadirkan di generasi ini.Design baru Inverted Slanted Nose/Jet Fighter Nose yang lebih sporty meninggalkan design yang elegan yang ada di Galant generasi sebelumnya. Mitsubishi Galant ST ini ialah salah satu mobil dengan design tercantik di”era” nya terbukti pada generasi Galant ke 8 ini berhasil mendapatkan gelar Japan Car of the Year 1996-1997. eits 1996? ya benar, karna Galant ini sebenarnya sudah ada dari tahun 1996 di negara asalnya.

1bhsj
Eksterior

 Design Interior pada generasi ini pun lebih modern dengan hadirnya wood panel yang agak pelit karena Mitsubishi tidak memberikan aksen kayu pada bagian lainnya melainkan hanya pada panel tengah dashboard. Bersyukur panel AC dengan digital climate control tetap dipertahankan dari generasi sebelumnya dengan perbedaan design tombol. Aksen two tone abu abu tua pada bagian atas dan abu abu muda pada bagian bawah cukup membuat kabin terang dan terkesan luas, bahan beludru pada jok yang lembut membungkus jok yang cukup suportif menopang badan ketika berkendara.

di-mitsubishi_galant_2_0_gls_td_interior-a0b3fa8ea2d6ce77ed041927f09091f0
Interior

Facelift (Kouki) 2004-2005

Tidak banyak yang berubah dari prefacelift model, bahkan bisa dibilang hanya minor facelift di indonesia karna Mitsubishi hanya melakukan update model pada velg dengan ukuran yang sama yaitu 15 inci dan penggantian pada pembungkus jok dengan bahan kulit. Gosipnya pada sektor headunit pun berubah menjadi double din dan revisi torque converter pada transmisi otomatis.

11063-mitsubishi-galant-st-at-2005
Eksterior

 

20121121_GalantST2005_4
Interior

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s